Minggu, 29 Desember 2013

REVIEW SAMSUNG GALAXY S4

Awal tahun 2013 ini Samsung memperkenalkan flagship terbaru mereka penerus dimensi Galaxy “S” dimana dikategorikan Galaxy High-End. Setelah sukses dengan Galaxy SIII nya Samsung tak ingin berpuas dan berdiam diri, mereka masih ingin meneruskan kesuksesan ini lewat penerusnya yakni Galaxy S4. berikut fitur kunci pada ponsel ini:

  • Dimensi 136.6 x 69.8 x 7.9 mm dan bobot 130g
  • Layar 5 inci resolusi 1080p dengan teknologi S-Amoled
  • Kamera 13MP
  • Prosesor Exynos 5 Octa 5410 Quad-core 1.6 GHz Cortex-A15 & quad-core 1.2 GHz Cortex-A7
  • RAM 2GB
  • Android 4.2.2 Jelly Bean (Upgrade 4.3 telah tersedia)
  • Memori internal 16/32/64GB
  • Slot microSD up to 64GB
  • Baterai 2.600mAh

Dengan fitur tersebut, dan banderol 7.499.000 mampukah Samsung mendulang kembali kesuksesan kakaknya? Simak review saya berikut ini!
Paket Penjualan
  • Dus
  • in-ear stereo headset + earbud beberapa ukuran
  • Charger
  • Kabel data Micro USB
Desain dan Bodi
Kesan pertama saat memegang ponsel ini adalah “apakah ini ponsel mahal?” yup, pertanyaan tersebut langsung keluar di benak saya,bagaimana tidak, ponsel seharga 7.499.000 hanya menggunakan material plastic dan finishing hyperglaze sehingga mengakibatkan licin di belakang ponsel, tingkat grip pun berkurang. Bezel yang mengelilingi ponsel ini terlihat mewah, namun ketika anda sentuh juga adalah plasik! Lai-lagi kecewa kan material yang digunakan, layer menggunakan kaca Gotilla glass 3  sehingga daya tahan nya tak perlu diragukan lagi. Material yang kurang baik bukan berarti tidak memiliki kelebihan, ponsel ini terasa sangat ergonomis dan pas ditangan, ringan juga sehingga pengoperasian satu tangan bisa dilakukan dengan lebih lama dan tak terasa pegal. Bagian atas ponsel ini terdapat IR-Blaster dan port jack 3,5mm, bagian kiri ada tombol volume,bagian kanan ada tombol power, bagian belakang ada kamera 13MP dan speaker ponsel. Secara keseluruhan desain ponsel ini cantik dengan tingkat ergonomis yang tinggi namun saying material nya kelas bawah.
Layar
Jajaran Samsung Galaxy S selalu menggunakan layar tipe Super AMOLED, demikian juga dengan S4. Ponsel ini menggunakan layar Super AMOLED 5 inci dengan resolusi 1920x1080 piksel alias Full HD, resolusi yang menjadi fitur unggulan beberapa smartphone kelas atas di tahun 2013 ini. Meski layar masih menggunakan Pentile Matrix yang hanya terdiri dari 2 subpiksel (layar tipe lain menggunakan RGB 3 subpiksel), namun kepadatan pikselnya yang mencapai 441 piksel per inci, membuat layar terlihat sangat tajam.
.
Untuk kualitas layar, dari segi tingkat kontras dan kepekatan warna hitam tidak perlu ditanyakan lagi, layar jenis OLED memang nomor satu untuk kedua hal tersebut. Untuk kecerahan layar mungkin kalah dengan layar tipe LCD / IPS, namun, layar S4 diklaim lebih natural dibanding tipe Super AMOLED lain. Tingkat saturasi masih tinggi, warna yang muncul juga masih sangat eye candy, tidak terlalu terang dan tetap adem meskipun menggunakan tingkat kecerahan tertinggi.
.
Jika Anda kurang suka dengan karakteristik layar OLED yang agak kurang natural, ada beberapa mode pada layar yakni Standart, Dynamic, Professional photo dan Movie. Selain itu Samsung juga menyediakan fitur Adapt Display, untuk memberi tampilan optimal sesuai dengan keadaan ruangan (menggunakan sensor RGB di bagian atas layar) dan aplikasi yang digunakan, jadi tidak hanya memainkan tingkat kecerahan, namun juga tingkat warna / RGB. Ada juga fitur High Touch Sensitivity, yang jika diaktifkan akan meningkatkan sensitivitas layar untuk Anda yang menggunakan sarung tangan tetap bisa mengoperasikan ponsel. Kami menggunakan sarung tangan motor dan memang layar ponsel masih bisa digunakan meskipun sarung tangan tersebut cukup tebal.

Phonebook dan Messaging
Dalam menu Kontak terdapat grup dan favorit untuk kemudahan pengelompokkan rekan Anda. Seperti perangkat Android lainnya contact dapat anda sinkronisasikan dengan akun GMail, Facebook, dan lainnya. Untuk kontak baru, beberapa field tambahan yang bisa dipilih adalah ringtone, IM, Email, Postal, Organization, Notes, Nickname, Website dan Internet Call. Ada kemudahan untuk SMS dan menelepon yakni gesture ke samping kanan atau kiri saat memilih sebuah kontak untuk langsung memanggil atau mengirim SMS. Dengan fitur Air View, ponsel akan memperlihatkan nama kontak di Speed Dial ketika Anda mendekatkan jari ke nomor tersebut.
SMS tertampil dalam threaded mode layaknya chatting. Pengaturan pada SMS cukup banyak, antara lain latar belakang dengan gambar dari galeri, limit text message, delivery report, pengaturan SMS, dan ringtone serta notifikasi. Ada juga fitur Lock Message dan Scheduled Message, serta penjaring Spam (bisa memilih nomor tertentu dan frasa kata tertentu). Email didukung dengan Google Mail tampil dengan sempurna dan akan sangat membantu Anda yang pekerjaannya berkutat dengan email. Instant messenger bawaan adalah gTalk, Google+ Messenger dan Samsung ChatOn.

Antar Muka
User interface di Galaxy S4 masih memiliki ciri khas yang didapat sejak TouchWiz di Galaxy S pertama. Jika di SIII temanya adalah Design for Nature, maka di S4 tema keseluruhan ponsel ini adalah Life Companion sehingga sangat banyak fitur yang ditambahkan oleh Samsung, jadi pengalaman ber-Android di ponsel Galaxy S selalu lebih berwarna dibanding Android Standar misalnya. Galaxy S4 sendiri sudah menggunakan Android 4.2.2 Jelly Bean. Performanya sendiri tidak usah dipertanyakan, amat mulus, lag meskipun tetap ada namun sangat minimal kemunculannya. Perangkat keras teratas saat ini ditambah lagi dengan Project Butter pada Jelly Bean memungkinkan performa lancar pada Galaxy S4.
.
Di Lock Screen, Anda bisa menggunakan mode Swipe normal (bisa pilih efek air atau cahaya), atau memilih yang lebih aman, seperti Face Unlock, Face and Voice, Pattern, PIN, dan Password. Anda bisa menampilkan widget berupa aplikasi favorit atau kamera, jam atau pesan personal (bisa Anda ubah sendiri, default-nya Life Companion). Selain widget, Anda bisa menambahkan akses pintas 5 aplikasi utama: Phone, SMS, Google Search, Browser dan Kamera. Di Lock screen Anda masih bisa mengakses bar notifikasi, yang cukup memudahkan untuk langsung masuk ke sebuah aplikasi yang memberi notif, langsung dari lockscreen.
Halaman homescreen secara default ada 5 halaman, maksimal 7 halaman, Anda bisa pilih halaman mana yang jadi Home secara default. Keseluruhan halaman ini dapat anda kustomisasi dengan berbagai macam widget, wallpaper, live wallpaper, dan akses pintas aplikasi. Seperti perangkat Android lain, S4 dilengkapi dengan Recent Apps sekaligus task manager yang bisa diakses dengan menahan tombol home selama beberapa detik saja. Task Manager ini dilengkapi tombol tambahan yaitu Remove all yang akan memudahkan Anda untuk menutup seluruh aplikasi yang masih terbuka atau berjalan di background.
Bar notifikasi di ponsel ini mungkin adalah yang terbaik ketimbang ponsel Android lainnya. Untuk informasi, ada jam, tanggal, serta akses pintas ke menu Setting. Di bawahnya, ada 5 Quick Toggle utama yakni WiFi, GPS, Sound, Screen Rotation dan Bluetooth. Quick Toggle ini bisa diperluas, ada 20 buah totalnya, dari Mobile Data sampai pengaturan kontrol dan gesture seperti Air View, Air Gesture, Smart Stay, Smart Scroll bisa diaktif/non-aktifkan dari sini. Susunan Quick Toggle, termasuk 5 yang muncul sebagai Quick Toggle utama, bisa diubah sesuka Anda. Di bar notifikasi juga ada pengaturan tingkat kecerahan layar. Menariknya, dalam mode Auto masih ada pengaturan tingkat kecerahan lagi.
Untuk Menu utama, seperti biasa terbagi jadi Apps dan Widgets. Aplikasi tersusun dalam format 4x5 per halamannya, yang terbagi dalam format horisontal. Anda bisa membuat folder baru dan menyembunyikan sebuah aplikasi dari menu utama. Susunan aplikasi bisa diubah sesuka Anda, maupun disusun secara alfabetis. Jika tidak suka format grid/thumbnail, Anda bisa mengubahnya menjadi format List.
Menu Setting / Pengaturan kini lebih berbeda, terbagi menjadi 4 kategori yakni Connections (WiFi, Bluetooth, Data dan lain-lain), My Device, Accounts dan More (lokasi, keamanan, manajer aplikasi, batere, storage, waktu dan About). Pengaturan untuk antarmuka sangat lengkap, dari ukuran huruf, jenis huruf, menampilkan persentasi batere,auto rotate, Daydream dan pengaktifan Multi Window.
Samsung tidak menyia-nyiakan spek tinggi pada beberapa perangkatnya dengan menyertakan fitur Multi Windows. Fitur yang juga ada di Note II dan tablet Note ini berjalan cukup lancar, dengan beberapa aplikasi yang mendukungnya seperti galeri foto, pemutar video, browser, Youtube dan sebagainya. Caranya cukup mudah, dengan menahan tombol Back selama beberapa detik, maka di sebelah kiri layar akan muncul aplikasi-aplikasi yang siap untuk dijalankan berbarengan. Lalu, pilih salah satu ikon aplikasi, tarik ke bagian layar yang diinginkan. Ukuran bagian layar yang digunakan sebuah apps bisa Anda tarik untuk lebih besar atau sebaliknya. Performanya mulus, meskipun Anda memutar video Full HD dari pemutar video bawaan berbarengan dengan memutar video HD pada aplikasi Youtube sekalipun. Pastinya, fitur ini akan sangat berguna sebagai fitur penambah produktivitas, dan menjadi nilai plus bagi Galaxy S4 dibanding ponsel flagship lainnya.

Kamera
Dalam hal resolusi, Galaxy S4 mengalami peningkatan dari SIII, dari kamera 8MP menjadi 13MP. Namun resolusi hanya satu faktor, bagaimana kualitas keseluruhan dari S4, apakah lebih bagus dari pendahulunya? Yang jelas, banyak fitur yang ditambahkan oleh Samsung. Kita lihat dulu dari antarmuka, yang terlihat lebih simpel dari sebelumnya. Kini untuk foto dan video disatukan antarmukanya, dengan dua tombol shutter di sebelah kanan. Di bawah kedua tombol shutter, ada Mode, yang terdiri dari beberapa Mode yang menjadi salah satu keunggulan Galaxy S4 yakni Auto, Beauty Face, Best Photo, Drama, Animated Photo, Rich Tone (HDR), Eraser, Panorama, Sport, Best Face, Sound & Shot dan mode Night. Ada informasi sekilas penjelasan mengenai tiap Mode jika Anda memilihnya.
Hasil kamera pada ponsel ini cukup baik, hanya saja tingkat ketajam nya kurang dan dalam cahaya gelap lensa nya tak dapat melakukan apa-apa tanpa bantuan lampu flah, overall hasil kamera ponsel ini masuk dalam kategori bagus.

Pemutar Video
Seperti yang sudah-sudah, Pemutar Video di jajaran Galaxy S selalu diperhatikan dengan baik oleh Samsung. Dari sejumlah video 1080p yang kami masukkan ke Galaxy S4 (.mp4, .mkv, .wmv, .avi, .mov) hanya file .mov yang tidak bisa terbaca di aplikasi video terdedikasi ini. File .M2ts (file bluray) yang di-rename menjadi .mp4, serta sebuah video .mkv 720p 60 fps semua diputar dengan amat lancar. Untuk Subtitel berformat .srt bisa dibaca dengan sempurna, bahkan memiliki banyak pengaturan, yakni sinkronisasi, pemilihan file subtitle, jenis, ukuran dan warna huruf, serta warna latar di subtitle agar lebih murah terbaca. Video bisa dilihat berdasarkan thumbnail, list dan folder.
.
Dalam mode thumbnail, Galaxy S4 menunjukkan kekuatannya. Tiap video dibuatkan thumbnails berupa preview gambar bergerak dari isi video yang diwakili oleh thumbnail tersebut. Sementara itu fitur-fitur yang ada antara lain chapter preview (dengan Air View), trim, tag buddy, video auto off, play speed, sound alive (virtual 7.1 channel dan setingan ekualiser lainnya), dan Smart Pause (Otomatis menghentikan video sesaat ketika perangkat mendeteksi kalau wajah Anda menjauh atau menengok dari layar. Ketika Anda kembali menatap layar, video kembali dimainkan). Ada fitur Pop up Play , fitur ini memungkinkan pengguna yang sedang menonton video untuk mengecilkan layar video yang memudahkan Anda untuk melakukan aktivitas lain secara bersamaan. Video akan tetap berjalan di saat Anda sedang melakukan kegiatan lainnya (browsing, chatting, email,dll). Posisi pop up layar video tersebut dapat Anda pindah sesuka hati, lalu bisa diperbesar dengan pinch to zoom. Performanya lancar-lancar saja.

Hasil Benchmark:
Quadrant Standart: 12645 poin
AnTuTu: 27931 poin

Daya Tahan Batere
Tes Browsing: 36 menit habis 8 persen, menggunakan wifi, tingkat kecerahan 50 persen. Dengan kata lain dari 100-0% = 450 menit (7 jam 30 menit)
Tes Screenshot (selama kurun waktu melakukan screenshot untuk review ini, dimana hampir seluruh fitur dicoba, dan tenaga ponsel benar-benar diperas, layar menyala terus menerus): Dalam waktu 60 menit habis 23 persen (brightness 50%, Wifi only). Dengan kata lain dari 100-0% = 260 menit (4 jam 20 menit)
Video playback: tingkat kecerahan 50 persen, internet terhubung menggunakan WiFi, memutar video Full HD MKV selama 30 menit turun 7 persen. Dengan kata lain dari 100-0% = 428 menit (7 jam 8 menit).
Seluruh review daya tahan batere, ponsel dalam mode Normal, bukan dalam mode Power Saving. Fitur-fitur gestur menyala semua, internet terhubung via WiFi. GSM dimatikan. Mengenai panas, memang setelah dipakai kerja berat ponsel ini cukup panas, namun sejauh ini masih wajar, ponsel lain yang saya review seperti HTC One dan iPhone 5 bahkan lebih panas (mungkin karena bahan Aluminium yang digunakan oleh keduanya).
Kesimpulan
Samsung memang tak pernah membuat ponsel flagshipnya miskin fitur, terbukti dengan banyaknya fitur yang disematkan oleh Samsung kedalam ponsel ini, walaupun saya sendiri tak yakin bahwa semua fitur ini dapat digunakan oleh semua orang. Dengan harga 7.499.000 memang pantas untuk ponsel ini, namun disayangkan material plastic yang digunakan ponsel ini membuat kesan premium hilang dan juga anda tentu tidak ingin kan bila cepat-cepat mengganti ponsel mahal anda dengan cepat karena rusaknya body plastic?
Kelebihan
  • Performa bagus, dengan dukungan hardware teratas saat ini
  • Layar 1080p Super AMOLED 5 inci
  • Gimmick seperti Group Play, Air Gesture, Air View, Smart Pause serta Smart Scroll dan sebagainya
  • Menggunakan OS Android terbaru 4.2 dengan Antarmuka TouchWiz yang memiliki banyak fitur tambahan
  • Slot micro SD
  • Batere removable
  • Fitur kamera memiliki banyak mode, serta mode Dual Shot

Kekurangan
  • Desain tidak beda jauh dengan SIII
  • Bahan bodi dari plastik, tidak memberi feel premium seperti pesaingnya
  • Bodi licin dan mudah kotor terkena sidik jari
  • Tidak ada port HDMI
  • Tidak semua gimmick bekerja dengan lancar
.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar